Silsilah Sang Adipati Kuningan

13 10 2010

Berikut ini saya susun silsilah Sang Adipati Kuningan (Raja Daerah Kuningan pada akhir abad XV – awal abad XVI Masehi) berdasarkan sumber sejarah yang ada. Mudah-mudahan ada manfaatnya, khususnya buat pengetahuan warga masyarakat Kuningan sendiri, dan para pembaca pada umumnya. Bilamana masih ada kekeliruan mohon sumbangsih saran/masukannya. Terima kasih



Mengenai tokoh “Suralaya”, yaitu ayahanda dari Jayaraksa, Ratu Selawati, dan Bratawiyana, ada juga yang menyebut dengan julukan “Ranggamantri”. Padahal di generasi berikutnya kita lihat juga ada nama Ranggamantri (Pucuk Umun Talaga). Dari hal tersebut seolah-olah nama Ranggamantri muncul sebagai : 1) nama lain dari Prabu Surawisesa / Rd. Suralaya, dan 2) Pucuk Umun Talaga (putera dari Rd. Munding Surya). Kiranya nama Ranggamantri ini bukanlah nama orang yang sesungguhnya, tetapi sepadan dengan nama gelar jabatan para bangsawan istana/keraton, seperti halnya: Adipati, Tumenggung, dll.

Selanjutnya perlu dijelaskan bahwa sepeninggal Rd. Kusumajaya (Geusan Ulun Kuningan), sebenarnya beliau mempunyai banyak putera & puteri (sebagaimana saya jelaskan dalam tulisan lain di blog ini). Namun yang ditulis hanya Mangkubumi karena beliaulah yang mempunyai andil besar dalam meneruskan estafet pemerintahan di Kuningan pada masa itu.


Aksi

Information

27 responses

17 02 2011
Ritto Riswanto

mohon alamat / contact person narasumber/ sdr yg menulis artikel ini, sehubungan akan dikupasnya masalah sejarah kuningan (luragung) kami ingin mengundang saudara untuk berdiskusi dengan kami, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. kuningan. Trimakasih

17 02 2011
aditya

slakan contact via email saya dl: aditya69_kos@yahoo.co.id

29 04 2011
arya daffa

SALUUUTTTT PISAN….
lengkap kieu geuning sejarah kuningan teh…kuatkeun di suhunkeun janteun referensi sagala ku Disparbud kab. Kuningan…. izin share/re-post atanapi naon wae judulna ka blog saya nya kang di:

http://kuninganmendunia.blogspot.com/

nuhun

5 09 2011
ikhsan

saya setuju dengan dikupasnya sejarah kuningan karena banyak sekali para pejuang yang berasal dari kuningan tidak se mpat kembali ketanah kelahirannya dan, saya sendiri sebagai cucunya selalu bertanya mengapa ? dan selalu ingin tau tempat asal, kakek saya yang bernama R.ace.a’ing bin Sukarja

13 09 2011
ikhsan

Saya bangga menjadi cucu orang kuningan karena nama saya yang diberikan kakek saya sangat berarti dan mempunyi arti penting untuk mengingat saya pada sejarah, ikhsan artinya ingat kunci harta sejarah amanat negara, dan kakek saya mewariskan sebuah benda pusaka yang berperahkan Hulu belut putih,hulu lubang, bantal, Iteuk. sepertinya ini kata sandi HHBI, yang atinya harta hak bangsa indonesia. saya meyimpulkan agar saya tidak melupakan sejarah, karena sejarah adalah harta yang berharga bagi bangsa,

21 09 2011
Fharize

ari arya kamuning nikahna sareng saha?

1 06 2012
Media esa

Nah tau gk klo Adipati Kuningan itu pernah memimpin Kasultanan Cirebon bergelar Adipati Carbon ?, … Inilah kenapa Leluhur Cirebon Kuningan dekat.

27 08 2012
arif ahmaddin

Assalamualaikum,tepangkeun abdi arif kawit ti ciporang kuningan,hapunten kang bade ngiring tumaros,dupi putra rd. kusumajaya leres aya anu namina dalem panyilih?htr nhn

28 08 2012
aditya

Muhun leres. Mngga diaos dina “Pemerintahan Setelah Sang Adipati Kuningan” (28-10-2009)

28 08 2012
aku_aku06@yahoo.com

Muhun leres hatur nuhun kang,pami henteu ka abotan abdi
bade tumaros deui,dupi akang uninga henteu makom sareng keturunan ti dalem panyilih,htr nhn,pami tiasa mah abdi hoyong tepang sareng akang,htr nhn
Powered by Telkomsel BlackBerry®

28 08 2012
aditya

Teu patos uninga, tp bilih aya mgkin d kompleks astana gede Prwawinangun tiasa tumaros ka kuncen makam Adpt Kng, da seueur makam leluhur Kng di dinya th. Htr nhn.

28 08 2012
aku_aku06@yahoo.com

Muhun kang hatur nuhun
Powered by Telkomsel BlackBerry®

30 01 2013
mochammad

Assalam…. pa apakah bapa bisa menceritakan tentang KI GULUTUK GUMURUH, ADIPATI EWANGGA DAN WINDUHAJI???? diantos pisan walerannana…. hatur nuhun…. wassalm….

1 02 2013
aditya

Upami nu Dpt Ewangga & Winduhaji mangga tos diserat msh di web ieu

20 03 2013
Tommy Mahendra

Assalamualaikum Wr. Wbr.
Sebelumnya saya minta maaf jika ada kesalahan.
keluarga saya memiliki copy silsilah dr ibu ayah saya, dimana tertulis di silsilah tersebut paling atas adalah Brahma Kamuning.
Apakah Brahma Kamuning sama dengan Adipati Kuningan?,
Mohon jgn dijawab bahasa sunda karena saya lahir dan besar di Jawa Timur, Eyang saya (Da’ah binti Zainal Asikin) menikah dgn tentara asal Purworejo (Soekarjo bin Prawirosoediro) dan sering berpindah tugas, dan terakhir tugas beliau di Tulungagung, Jawa Timur..
Maturnuwun sebelumnya
Wasasalam

Balas

21 03 2013
aditya

Untuk memastikan secara meyakinkan memang perlu banyak sumber data pendukung. Adapun mengenai nama Brahma Kamuning, yang mengandung unsur nama yang sama di belakang namanya dengan Arya Kamuning sebagai seorang pembesar di Kuningan Jawa Barat tempo dulu, bisa saja terjadi mungkin dia yang dimaksud atau hanya kesamaan nama saja bukan satu orang yang sama. Atau mungkin juga berasal dari generasi kelurga besar “Kamuning” sebagai marga yang selalu dicantumkan di setiap belakang nama keturunannya. Dalam sejarah memang nama orang-orang hebat/terkenal kerap dipakai oleh keturunannya sebagai nama dirinya, seperti Amangkurat I, Amangkurat II, Amangkurat III atau Hamengkubuwono I, II, III dst

21 03 2013
Tommy Mahendra

Maturnuwun atas tanggapannya… InsyaAllah akan kami kirimkan gambar dari copy silsilah tsb., dan termasuk dibagian mana silsilah tersebut tergabung jika memang masih dalam satu jalur keturunan. (yg sejalur diatas eyang Da’ah binti Zainal Asikin adalah Raden Ating Tirta Ti Kusuma). Mohon bantuannya jika bapak berkenan, krn kami sendiri juga tidak tahu keberadaaan naskah asli tsb, dikarenakan hilang kontak dengan keluarga di cianjur disebabkan satu & lain hal. Terakhir posisi naskah asli tersebut di Kadupandak-Cianjur, dirumah eyang Zaenal Asikin (alm).
InsyaAllah dlm bln dpn kami berencana ke Cianjur mampir Cirebon, namun ragu2 apakah msh ada kerabat disana karena contact person yg kami miliki sdh tdk aktif semua sejak 5 th lalu.. Dgn bertambah dan menyebarnya posisi keturunan, kami ingin memperbaharukan naskah silsilah keluarga kami dengan menambahkan keturunan dibwh eyang Da’ah (almh) (krn eyang Da’ah brada di posisi terakhir di copy silsilah tsb) skaligus memperbaharukan pengesahannya dr Kraton Kasepuhan Cirebon yg tertera di copy naskah tsb mengingat naskah tsb dibuat pd tahun 3 juli 1941. & ttd Sultan Sepuh….(tdk terbaca krn rusak), tp menurut Bapak apakah Kasepuhan bersedia mengesahkan pembaharuan yg kami buat jika kami kesana bermodalkan copy naskah? Maturnuwun dr kami bertiga (Tommy Mahendra, Deddy Wildandinata & Arddy Awangga Kusuma)

22 03 2013
aditya

Adalah suatu hal yang mulia bila seseorang ingin memanjangkan tali silaturahmi keluarga melalui penelusuran jejak silsilah keturunannya. Untuk perbaharuan tntu sj boleh sepanjang sesuai dg fakta sebenarnya, silakan sj dcoba k sna. Trim’s.

27 03 2013
M. Saiqul

Kang. . pami tiasa kembangkeun deui anu mengemai sejarah suranggajaya, abdi hoyong terang pisan. pami arya kamuning sareng dipati ewangga mah tos ka sohor, janten hoyong langkung uninga ka sejarah suranggajaya.

20 05 2013
heru

adipati kuningan sareng sunan gunung jati cirebon teu aya kakaitan kitu?

28 05 2013
aditya

Sunan Gunung Jati adlh ayah angkat Adpt Kng

5 07 2013
Ketut Gede Surata

Maaf saya juga ingin share dan bergabung dengan forum ini krn menurut saya ada beberapa persamaan budaya dan adat antara Bali dan Kuningan maupun Galunggung. Dimana di Bali ada namanya Hari Raya Galungan dan Kuningan yg tdk secara pasti diketahui berasal dari tahun berapa. Namun secara makna Galungan berasal dari kata Galung seperti dalam amanat Galunggung dan Kuningan berasal dari kata Ke-Uning secara arti Galungan berarti kemenagan yaitu kemenangan dharma lawan adharma yaitu kebaikan akan selalu menang dengan kebatilan, sedangkan Kuningan berarti diterima maknanya ( sudah diketahui apa yg dimaksudkan ). Ini sebagai pertanda antara Galunggung dan Kuningan maupun Bali sebagai ikatan yg kuat dan jelas

1 08 2014
deni

maaf disilsilah keluarga saya, dipaling atas adalah dipati awangga atawa arya kemuning. saya punya salinan silsilahnya bisa saya share??

8 04 2015
M.A.H. Hardjadinata

Assalam’mualaikum wr wb..

Damang kang? Punten abdi bade tumaros,ari Pangeran Aria Sutajaya (Kuningan) ramana namina saha? Keturunan ti mana anjeuna? Nuhun

Wassalam

5 03 2016
nurul yunifar

ass nama saya Raden nurul yunifar saya mau meminta tolong bapak,saya ingin sekali menelusuri silsilah keluarga,saya yang berdarah kuningan,saat ini saya tinggal di kota sukabumi,info yg sy bisa telusuri hanya sebatas enyang agung wijayapraja yg dahulu bertempat tinggal d kuningan yg sekarang menjadi bioskop d kuningan,apakah bapa bs membantu saya,terimakasih,

19 05 2016
iwan ucok subang

Assalmualaikum kang abdi bade tumaros ari namina mbah kuwu cirebon sareng mbah kuwu kamarang sami hente

20 07 2016
abie

asslmkm, saya abie bin effendi bin sanusi bin asari bin abdurahman bin zainal bin abidin bin “syekh kadaka” cijambe kuningan cirebon.

mohon info atau ada keterangan mengenai syeikh kadaka, dulu alm kake pernah mengunjungi makam syeikh kadaka yg berada di tengah danau. dan ada keluar gurame besar dari danau, kata kuncen ini yg datang dari keturunan kadaka.

saya ingin sekali mendatangi makam eyang tp tak ada yg tahu. mohon kiranya akang apabila mengetahui lokasi trs.

abie bogor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: