Terharu….., Ada Jalan Baru “Windu” … !!!

22 08 2011

Baru-baru ini saya begitu kaget, tetapi sekaligus juga gembira karena melihat ada nama plang jalan terbilang baru yang sepertinya baru dipasangkan dengan nama tulisan WINDU. Ya, ada jalan Windu sekarang di Kuningan yang membentang mulai Desa Karangtawang (di perbatasan dengan Desa Lengkong) ke arah Barat, yang berarti termasuk jalan raya Desa Karangtawang – Desa Winduhaji sampai ke Kelurahan Awirarangan. Jalan Windu di Awirarangan berarti bersambungan dengan Jalan Jendral Sudirman, yaitu jalan yang membentang mulai dari perempatan Toserba Terbit (timur alun-alun kota Kng) sampai ke daerah Bojong Awirarangan.

Mengapa saya respek dan gembira ada nama Jalan Windu ? Sebab memang pemberian nama Jalan Windu berarti sesuai dengan nama legendaris tokoh dalam sejarah Kuningan. Yang berarti si pemberi nama jalan (yang punya ide) tidak lupa dengan Sejarah Kuningan. Seperti yang sudah saya kupas dalam pembicaraan (artikel) lalu bahwa dalam ceritera Sejarah Kuningan pernah populer nama WINDU. Walaupun Windu di sini bukan nama untuk memberi nama orang, tetapi nama seekor kuda, yakni kuda tunggangan sekaligus kuda perang milik penguasa Kuningan (Sang Adipati Kuningan) di abad pertengahan (abad XV), Kuda Windu adalah lambang atau simbol kehebatan kuda milik masyarakat Kuningan tempo dulu. Dari Kuda Windu inilah hingga sekarang muncul istilah tentang kehebatan orang Kuningan dengan sebutan “kecil-kecil kuda Kuningan”, walaupun kecil perawakannya tetapi tangguh, hebat, gesit & lincah. Karena memang dalam sejarahnya dulu Si Windu ini pernah menjadi pahlawan bagi juragannya ketika dia ditunggangi untuk berperang melawan musuhnya yang menunggang gajah.

“Hebat lah pokona mah Si Windu itu”. Jadi sangat pantas nama Windu itu diabadikan oleh masyarakat Kuningan untuk dijadikan nama jalan. Persoalannya sekarang ternyata masih banyak masyarakat awam yang belum mengenal dan mengerti apa itu nama “Windu”, koq dijadikan nama jalan ? katanya. Memang dalam hal ini perlu sosialisasi pihak Pemda untuk mempopulerkan nama “Windu”. Bisa gak ya..???


Aksi

Information

11 responses

27 02 2012
Tohasan

Saya mempunyai usulan, jika nama jalan yang ada di kota kuningan memakai nama orang – orang terdahulu yang punya peran penting di kuningan.
Orang yang hebat orang yang tau sejarah.
Saya bangga lahir dan di besarkan di kuningan dan lebih bangga lagi setelah mengetahui sejarah kuningan.

28 02 2012
aditya

Iya. Mdh2n nama2 jalan d Kng mengambil dari tokoh2 sejarah Kuningan. Sebagian sdh terealisasi, belum semua…..Trim ksh ats mskannya…!!!

9 03 2012
Aria kamuning

Setuju pisan dulur2..klo dkuningan nama stiap jln pakai nama2 leluhur ato nama yg brsejarah biar kta bangga jd org kuningan..ass.wrwb..ahlul goib fi kngan..ki gdg kemuning..syekh muhibat..syekh rajabasa..rdn suranggajaya.adipati cangkuang.syekh dtkkaliputahn para syekh daerah darma.sdkit nm2 llhur yg blm d abadikn olh jln ato gdung..bravo kngan

18 03 2012
Nana Gito

Alhmdulillah,,sanaos nmbe ka realisasi mugia weh Nami Jl. WINDU teh tiasa ngjantenkeun pangleureuh kanggo kapara kawula muda anu manawi hnteu sadaya uninga kana sajarah Pituin, kalebet sim Abdi. Satuju Pisan.

3 06 2012
Arif supriatna

Ngiring ngalangkung Kang Yaya… Ngawitan iraha jalan Winduhaji – Lengkong nganggo nami jalan Widu ? abdi nembe terang kang…

5 06 2012
aditya

Upami teu lepat pertengahan tahun 2011

29 12 2012
hidayat

nuhunkeun izin bade disebarkeun yah!!! nuhun!!!

16 04 2013
adin

alhamdulilah kebetulan jalan windu membentang melintasi radio ASTIA FM KUNINGAN sehingga kami berusaha untuk ikut mensosialisasikan nama jalan tersebut saat opening acara… tetap jaya kuningaaan..

23 06 2013
Moh Komarudin

kunaon logo kuda Kuningan na teu aya aksaraan Windu ya pak? kawas na lamun aya aksaraan Windu mah, tiasa ngamudahkn masyrakt ngenal maksud Lambang kuda kuningan pak,,,,hehe klw Komar yg buat logo’x mah, Lambang kudana bade di bentuk tina hurup kata Windu kawas efek Typhography kitu pak hehe,,,,

6 01 2014
Asti

Si Windu…..apa itu patungnya -patung kuda- yang ada di Taman Kota? Mohon penjelasan, kang Yaya. Trims

6 01 2014
aditya

Iya, patung kuda yang dibuat Pemda Kab Kuningan dimaksudkan utk melambangkan sosok kuda Si Windu yang heroik itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: