Kuningan Tandang Maju Tanding

30 08 2010

Saya sangat terkesan dengan sebuah lagu mars Kab Kuningan yang baru dirilis dan dipublikasikan sekitar awal tahun 2010. Judul lagu tersebut adalah “Kuningan Tandang Maju Tanding”. Saya kutip sepenggal lirik lagu tersebut berikut ini :
“Kuningan Tandang Maju Tanding,
sumanget juang jadi pakarang pikeun ngawangun
mapag mangsa kertaraharja”
Menurut bagian Humas Setda Kuningan syair dari Lagu Terbaru Kuningan Tandang Maju Tanding tersebut diciptakan oleh seniman Kuningan Con Hasanudin, S.Pd dan berhasil diaransemen oleh Drs. Cecep Amelia seorang guru di SMP 1 Kuningan. Lagu ini mencerminkan kegigihan Kuningan dalam membangun dalam segala bidang.
Saya pernah mendengarkan langsung lagu tersebut ketika mengikuti Seminar Pramuka Kab. Kuningan pada akhir Juli 2010. Lagu tersebut diperkenalkan pada peserta seminar oleh group paduan suara siswa SMPN 1 Kuningan. Setelah mendengarkan secara seksama saya menangkap kesan memang sangat pas lirik lagu tersebut untuk mencerminkan tekad dan keinginan warga Kab. Kuningan untuk maju tandang makalangan membangun daerahnya. Bahkan setelah saya mendengarkan aransemen musiknya yang terlintas dalam benak saya seolah-olah irama musik itu mencerminkan irama seperti semangat juang Kuda Si Windu yang dulu sangat gemilang ketika berjuang bertempur menemani tuannya (menjadi tunggangan Sang Adipati Kuningan) saat mengalahkan Prabu Wiralodra (Indramayu) yang menunggang gajah, ketika proses Islamisasi berlangsung di seputar wilayah Cirebon sekitar abad XV-XVI.
Aransemen lagu Kuningan Tandang Maju Tanding ibarat bunyi “ketoprak” dari tarompah atau sepatu kuda Si Windu tadi yang sedang berlari mengusir musuh-musuhnya. Itulah imajinasi dan khayalan saya ketika mendengarkan lagu mars kebanggaan warga Kab. Kuningan ini. Mudah-mudahan lagu mars ini benar-benar menjadi inspirasi dan motivator bagi warga Kab Kuningan sekarang dalam membangun daerah Kuningan yang kita cintai ini.

"Kuningan Tandang Maju Tanding"


Aksi

Information

8 responses

9 09 2010
Yudi

Share atuh laguna mang . . .

21 07 2011
femivit

sunda pisan laguna mang ….

30 07 2011
virgianie chyvirginity

i like it………….

29 11 2011
Abellia Natasya P

saya merasa bangga menjadi anggota paduan suara SMP 1 Kuningan

22 01 2012
rina

saya bangga sekali terhadap lagu ini..i love sunda pokonamah

22 01 2012
rangga

siip we lah….tapi ada 1 yang belum terjawab.siapa nama raja & ratu jaman krajaan timbang kuniangan….???

28 10 2012
arra

lagu nya kereeen :p

18 12 2013
yunus

ah sayangna te gaduh laguna ey…

Tinggalkan komentar