Saham Orang Kuningan di Ibukota Jakarta

22 06 2010

Menilik sejarahnya ibukota Jakarta ternyata nenek moyang orang Kuningan Jawa Barat pernah ikut andil dalam membangun pemukiman masyarakat di sana. Hal itu berawal ketika dulu, tepatnya tahun 1522, terjadi peristiwa penyerbuan pasukan Fatahillah dari kerajaan Demak untuk mengusir tentara Portugis di Sunda Kelapa. Ikut bergabung di dalam pasukan tentara Fatahillah diantaranya sekelompok pasukan balabantuan yang direkrut dari Kerajaan Cirebon dan Kuningan (Jawa Barat). Kelompok pasukan dari Kuningan ini dipimpin oleh Sang Adipati Kuningan sendiri (Suranggajaya) dan panglima perangnya (senapati) bernama Ewangga. Dalam peristiwa tersebut akhirnya pasukan gabungan pimpinan Fatahillah tadi berhasil merebut Sunda Kelapa dari tangan Portugis. Peristiwa gemilang ini diabadikan dengan perubahan nama Sunda Kelapa dengan sebutan baru yaitu JAYAKARTA, Jaya = kemenangan, karta = abadi. Kelak nama Jayakarta ini akhirnya dikenal dengan nama JAKARTA sampai sekarang ini.

Konon setelah berhasil mengusir Portugis dari Sunda Kelapa ini, balatentara pribumi yang berasal dari Demak, Cirebon, dan juga Kuningan ini sebagian ada yang kembali pulang ke kampung halamannya dan sebagian lagi ada yang tinggal menetap di Sunda Kelapa atau Jayakarta. Dan diantara yang menetap ini adalah pasukan balatentara dari Kuningan yang akhirnya bermukim di sana mendirikan perkampungan orang Kuningan yang sampai sekarang tetap abadi dipakai sebagai daerah KUNINGAN di Jakarta Selatan.


Aksi

Information

26 responses

7 09 2010
Alex

Cerita nya Agak basi bung kami penduduk asli Kuningan Jakarta, udah mengenal cerita ini secara turun temurun bahkan kami minimal 2 kali dalam setahun berkunjung ke kuningan khususnya daerah Winduherang, karena meyakini leluhur kami dari sana…

15 07 2011
Sing Duwe Roby

ALEX : Alloh SWT sangat membenci orang yang sombong….!!!

9 11 2011
tanjak

Bung Alex anda tidak perlu bicara seperti itu……. malu saya ada orang kuningan yg seperti anda

28 08 2012
BARAKUDA

sombong aNDIKA BARAYA…tong kitu andika….aing asli urang kuningan BARAKUDA{barudak rantau kuningan sunda},,,era maca postingan sia….euweuh tiluluhur urang kuningan anu sombong siga sia….sia mah lain katurunan urang kuningan tapi sia mah katurunan korun anu ngaku2 katurunan kuningan……ngayah jalma anu can arapaleun carita hubungan kuningan jabar jeung kuningan jakarta…lamun sia bener katurunan kuningan,pasti sia apal kanu bahasa asli urang kuningan.

4 02 2013
budak aseli Kuningan

bener pisan…euy

27 11 2010
sabeum doni

artikel yang bagus…🙂

12 06 2011
Gani

Buat bung alex, kalau anda sudah tahu itu bagus tapi saya ingatkan kalau cerita ini memberitahu sama orang yang belum tau…!

12 06 2011
Andra

SOMBONG KALI BUNG ALEX INI

6 12 2011
Kyan Pinaya Nano W

jujur aja terharu bacanya, makasih banget buat penulis
saran buat penulis setiap orang yg ingin maju selalu ada pro dan kontra, jadi tidak usah di hiraukan orang yg kontra, masih banyak di luar sana yang pro serta setuju banget membahas kab.kuningan seperti saya ini.

4 06 2012
wong dermayu

orang kuningan itu ga punya saham apa2 di jakarta…yang saya SI ANAK MANJA suranggajaya pengen ikut perang…padahal dia ga bisa apa2…karena dia anak angkat sunan gunung jati aja..hehhehehhe

22 07 2012
anton satya

jangan ngemeng lo wong dermayu

28 08 2012
BARAKUDA

ah reang ble tau apa apa pake ngemeng…..mndingan jualan mangga aja sana..kalo ga…urusin trasi aja…bengek sia.

7 09 2012
videofboy

wah terima kasih banyak infonya kang, ternyata sejarah kuningan di jakarta ada kaitan dengan kabupaten kuningan ya

26 10 2012
apandi

aing ge sarua urang kuningan,nggeus tong raribut bae,ayeunamah mending cicing tong kandi kandi,he he he he ,nyambung teu nya

31 10 2012
H.Zainal.M

Maaf yah kang…….ane juga keturunan asli dari kuningan Timur dari H.Jilun ane aje kaget…..mana ada kuningan jakarta bersangkut paut ame kuningan jawa barat. Itu cerita yang benar………….kalau ente apal dengan Makam H.Jilun kuningan atau ente masih ada keturunan nya. ane mau tanya ape ente sering ikut Halal Bil Halal keluarga besar Kuningan timur tiap tahunnya.

23 05 2013
sobar

parunten ngringan, singsalbar atuh sapertos nami abdi Sobar>>

9 07 2013
dinar

kuningan cinta damai,,,,
tuh tingali awirarangan,,,,
aman,,,,

21 08 2013
Marna Sumarna

geus tong raribut ari sarua urang kuningan mah, marebutkeun naon atuh maraneh teh?

24 09 2013
adiarnold

ALL@Tong raribut euy ngerakeun atuh….urang kuningan teh pan terkenal saropan jng palinteur…..geus areling eling.by.urang babakan cigadung

17 11 2013
rohan

wah ternyata benar ya.. kuningan jaksel itu ada hubungannya dengan kuningan jabar, ane dah tanya ke mbah google jawaban nya sama..

17 12 2013
yunus

alex…aisuganteh asli ti kuningan jawa barat…pantes moal aya nu tarima carita kuningan di sebut basi da sampeanmh buangan lain asli ti kuningan jawa barat…hampura lain abi te ngahargaan sampean da bongan cariosan sampean oge teu ngahargaan anu asli urang kuningan…

10 02 2014
Kew

buat bang alex silahkan anda datang ke museum fatahilah ( kota tua ) disana ada lukisan besar beserta sejarah saat sunda kelapa menjadi jayakarta dan di sana pula di tuliskan datang nya pasukan dari cirebon dan kuningan untuk kembali merebut sunda kelapa…

28 03 2014
ziel boedackhade

d teluh ku aing tah nu ngaran alex…ngalunjak si goblog teh

24 07 2014
agil DEMAK BINTORO

dngan adanya artikel diatas bertmbhlah ilmu pengetahuan sya tentang sejarah.mksh kang.

19 01 2016
Doris

Also, they need to fulfill 150 semester hours with 33 hours of accounting classes and
36 hours oof business classes. Those are some of the important characteristics that you want to look for as you’re searching for
a CPA. By becoming part of an accounting team, you will have the
opportunigy to get acquainted with hoow small businesses operate andd also acquife
practical knowledge about administrative accountkng procedures and federal
and statutory requirements.

24 09 2016
heri muyono

Sim kuring sanes urang kuningan tapi ngaos ieu postingan satuju pisan,margi teu sadayana urang kuningan teu sakeudik nu teu acan terang ..mung kange sim kuring ngaraos bingah aya keneh anu masih mikacinta kana silsilah sajarah kuningan ,….simkuring asi ti surabaya blasteran sunda, asa teu epat upami aya di antawis baraya anu tiasa masihan keterangan anu jentre,….kange Aex eres pisan ulah sombong atanapi adigung eta sanes ciciren urang sunda…hatur nuhun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: