Amanat dari Galunggung

1 11 2009

Hana nguni hana mangke
tan hana nguni tan hana mangke
aya ma beuheula aya tu ayeuna
hanteu ma beuheula hanteu tu ayeuna
hana tunggak hana watang
tan hana tunggak tan hana watang
hana ma tunggulna aya tu catangna

(Ada dahulu ada sekarang
bila tidak ada dahulu tidak akan ada sekarang
karena ada masa silam maka ada masa kini
bila tidak ada masa silam tidak akan ada masa kini
ada tonggak tentu ada batang
bila tidak ada tonggak tidak akan ada batang
bila ada tunggulnya tentu ada catangnya)

(Kropak 632 dari Kabuyutan Ciburuy)


Aksi

Information

4 responses

11 06 2010
hj nurmanah

amanat diatas amanat yang sangat baik, menyadarkan kita agar selalu kita tahu atau ingat kana “purwadaksina” Kalau kita menyadari diri kita dan melihat sejarah diri kita pasti kita akan selalu menjadi orang yang bijak dan tidak akan sombong, karena kita sadar apa yang harus kita sombongkan kita hanya seonggok sosok yang bernyawa. nyawapun bukan punya kita, semua pinjaman. saat kita pulang hanya menjadi seonggok tulang dan daging yang beberapa hari saja kulit putih wajah cantik, gagah akan lebur bersama tanah yang akan menghisab kita. Betapa dalamnya amanat orang dulu, sejarah yang ada adalah menggambarkan perjalanan kita yang tidak seberapa waktunya.

11 06 2010
hj nurmanah

Sejarah adalah kagiatan manusia masa lalu ,untuk dikji masa kini dan untuk bekal kita dalammelangkah ke depan. Tapi sayang bangsa kita yang penuh amanah yang baik kadang tidak pernah kita mau belajar dari sejarah. Padahal sejarah adalh guru kita yang paling baik yang bisa menyelamatkan dalam kehidupan di dunia ataupun kehidupan kita nanti di alam baqa yang kita yakini. pengaruh teknologi dan globalisasi kadang melupakan sejarah kita sendiri, padahal teknologi canggih bisa kita jadikan alat untuk mampelajari kearipan bukan disalah gunakan untuk menjauhkan diri dari kodrat yang kita miliki, dari keyakinan untuk meningkatkan keimanan kita.

11 06 2010
hj nurmanah

Saya adalah penggemar sejarah ,tapi sayang sejarah Tasikmalaya at Jawa Barat sangat minim sekali. saya ingin bergabung dengan ahli ahli sejarah sunda , ingin mengetahui hubungan Anteg di desa Malatisuka kec. Gunungtanjung ,Sri Gading ANTEG dengan kerajaan atau kebataraan Galunggung. dan kapan adanya Gua ANTEG YANG SANGAT UNIK DI DALAMNYA. Terdapat kubah yang bergambarkan kuda terbang dan pasukan, ada pancuran yang keluar dari pohon pisang yang sudah jadi posil. Deretan padi yang seperti emas, padi geuguessan di atas di bawah kubah. saya sangat mengaumi kadaan alam itu. Tolong siapa yang berminat bermitra dengan saya untuk penelitian hubungi saya di e.mail saya.

11 06 2010
aditya

Trim ksh Ibu Hj Nurmanah atas apresiasinya di atas. Mdh2an blog sy ini bs mnjd sumbangsih & keinginan brsma meneliti sejarah daerah2 di Jabar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: