Asal Usul Nama Desa Cinagara (Kec. Lebakwangi)

10 02 2010

Menurut ceriteranya terlebih dahulu diambil dari sebagian sejarah Desa Cineumbeuy yang saat ini berbatasan di sebelah timur  Desa Cinagara, dengan riwayatnya antara lain sebagai berikut:

Pada abad ke-18 Desa Cineumbeuy dikepalai oleh seorang kepala desa yang bernama Candranala. Suatu saat Candranala pergi meninggalkan Desa Cineumbeuy menuju ke arah Barat, sedangkan urusan pemerintahannya diserahkan kepada adiknya yang bernama Candrabapang.

Lama kelamaan Candranala tidak kembali ke Desa Cineumbeuy, bahkan beliau menetap di suatu tempat yang diberi nama Argasoka, tempat ini sekarang disebut Cisoka.

Pada suatu waktu Candrabapang yang berada di Desa Cineumbeuy menerima surat dari Bapak Bupati (yang pada saat itu disebut Kanjeng), tetapi surat tersebut diberikan kembali oleh Candrabapang kepada kakaknya, yaitu Candranala di Argasoka. Setelah dibaca ternyata isinya merupakan pengangkatan atas nama Bapak Candranala untuk menjadi kepala desa. Kemudian oleh Bapak Candranala diumumkan kepada masyarakat setempat bahwa beliau telah menerima surat dari “Pemerintah / Negara” yang bahasa daerahnya disebut Ti Nagara sehingga desa ini diberi nama Desa Cinagara sampai sekarang.

Maka sejak itulah kampung Argasoka diganti dengan nama Cisoka. Kemudian Candranala bersama pengikutnya mengatur pemerintahannya di sekitar tempat yang sekarang menjadi pusat pemerintahan Desa Cinagara. (Sumber: tokoh & sesepuh Desa Cinagara)

About these ads

Aksi

Information

20 responses

10 04 2010
yana

asslamu’alaikum. pak mencari informasi tentang sejarah tempat tinggal itu bagaimana sih. kalau nanya pa orang tua selalu beda2 dari yang satu dengan yang lainnya, jadi saya kurang percaya dengan sejarah yang saya tanyakan tersebut. terus apa yang harus dilakukan agar informasi yang kita dapat bisa dipertanggung jawabkan.

14 04 2010
aditya

Wa’al..slm wr wb. Bila informasinya berbeda2 dari satu dg yg lainnya gak pa2, cari kesamaannya, dan cari lagi smbr pembanding lainnya. Jangan mdh putus asa. Semakin bnyak sumber akan smkin valid hsil yg didpatkan. Slmt mncoba !!!

11 02 2011
agus/jumhari

desa ciporang heuleut kidul,,,,minta di bikinkan sejarah naman nama desa yang ada di kecamatan maleber atau lebak wangi dan dibikinkan tempat atau bangunan biar orang bisa berkunjung terutama pada hari raya besar,,,sekalian untuk reuni ,alumni sekolah yang ada di lebak wangi dan kecamatan maleber,,,biar bisa menambah dan memajuka desa serta menampun aspirasi masyarakat,,,terutama desa desa yang belum maju atau tertinggal baik dari segi ekonomi,pembangunan,pertanian dan usaha usaha mikro ,,,,terimakasih.

10 03 2011
gembel elit
18 03 2011
ova ropandi

makasih bapak sangat membantu keren bgt heheheh punya banyak manfaat

11 11 2011
Udi

Pak cobi aya heunteu sejarah Desa Langseb

28 11 2011
DAREMAWAN

saya orang cinagara….nembe terang sejarah na euy….,hahay…ari dikau urang cinagara lain? sayah blok sawah /pahing….salam silaturrahim :)

6 12 2011
Kyan Pinaya Nano W

askum penulis,,, di buatkan sejarah desa walahar cageur atuh…
nuhun ahh…

6 12 2011
aditya

Insya Alloh….

23 04 2012
Memed wisnu syaputra

mohon di jelaskan asal usul desa cikandang kecamatan luragung

28 06 2012
johan

ass.pa ari dusun patapan desa sukadana kec: ciawi gebang aya sejerahna tue? htr nuhun

16 10 2012
i.samudera

buat kyan pinaya nano w………………yuk kita cari asal usul desa kita walaharcageur

27 01 2013
wingga handika

OH BEGITU.. saya org cinagara blok kliwon berhadapan dengan argasoka/cisoka. wkwkw

22 03 2013
arie haryanto

saya blok manis (putra bapa momon), kl bisa masukin lagi artikel lainnya yang menyangkut perkembangan desa cinagara baik di bidang seni ataupun olahraga, karena menurut saya cinagara merupakan barometer untuk daerah kec lebakwangi dalam segala bidang, trims

10 05 2013
Tanto Rudianto

cayoooooo

15 06 2013
adi wijaya

abdi orang cineumbeuy,rt 01 rw 01,,
ADI WIJAYA ,coba di cineumbeuy di dirikeun pasantren tepatna di rt 1,,
amin

3 09 2013
Kilmee

Hebat euy..
By_mantino

23 09 2013
Nurik sandi murika

Hidup cinagara bersinar(bersih,sehat,indah,aman,dan rindang).

23 09 2013
Nurik sandi murika

Salam untuk keluarga besar abah sura kasum

15 07 2014
ilham cysers's abimanyu

geuning eta mah kitu nya…
sing enggal garugah wae masyarakat ds cinagara teh…
nyatu padu…
silih asah,silih asih,silih asuh deui sareng silih wawangian….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: