Hipotesa: Antara “PO Luragung Jaya” dengan Sejarah Kuningan

9 03 2009

Bila kita mencermati eksistensi dari Perusahaan Otobis (PO) atau Pengusaha Kendaraan Angkutan Umum jenis Bis yang ada di Kabupaten Kuningan, sejauh yang penulis ketahui misalnya pernah ada Bis “Kuningan Jaya, Buni Geulis, Mitra Sari, Setia Negara, Aman Sejahtera, Luragung Jaya dan Putra Luragung, atau mungkin ada lagi yang lainnya” sepertinya Perusahaan Bis Luragung Jaya merupakan salah satu perusahaan yang tetap menunjukkan eksistensinya yang bertahan lama terus beroperasi sampai sekarang ini.

Terlepas dari seluk beluk urusan internal PO tersebut masing-masing seperti masalah kapan awal waktu kelahirannya (mulai beroperasi), managerialnya, mengapa akhirnya pailit, dll. Yang ingin penulis soroti adalah penggunaan nama “Luragung” dan selanjutnya tambahan kata “Jaya” di suku kata kedua, serta juga “Putra Luragung” (perusahaan anak dari Luragung Jaya) yang sepertinya pemakaian nama “Luragung” ini membawa hoki bagi kelanggengan perusahaan bis ini di saat sekarang ini di Kabupaten Kuningan. Kejadian ini dulu juga pernah dialami oleh perusahaan bis “Kuningan Jaya” yang pernah beropersi cukup lama.

Apakah memang sudah jodohnya seperti itu bahwa Perusahaan Bis milik orang Kuningan yang menggunakan nama dari “Sejarah Kuningan” membawa kiat sukses? Seperti halnya dulu kejayaan yang pernah dialami di zaman Kerajaan Kuningan (seperti dikisahkan dalam Carita Parahiyangan) dan juga eksistensi dari “Ki Gedeng Luragung” (Jayaraksa) yang mempunyai anak Suranggajaya (selanjutnya menjadi Sang Adipati Kuningan). Dua nama tersebut (Kota Kuningan dan Luragung) yang sangat kental diketahui oleh orang Kuningan, dalam sejarah memang bisa dikatakan sebagai daerah-daerah paling tua, yang pertama sebagai cikal bakalnya Kabupaten Kuningan sekarang ini.

Di zaman dulu pernah berjaya Kerajaan Kuningan, dan di zaman kini wujud replikanya diterapkan dalam bentuk pernah berjayanya dari PO Kuningan Jaya (tahun 1970-1980-an). Begitupun nama harum pedukuhan Luragung yang dipimpin Ki Gedeng Luragung di zaman lampau, sekarang replikanya berwujud kepada keharuman PO Luragung Jaya yang sekarang terlihat tetap menunjukkan eksistensinya sebagai satu-satunya Perusahaan Bis yang besar di Kabupaten Kuningan. Believe or not ? Up to you … !!!

About these ads

Aksi

Information

85 responses

22 03 2010
ariefalfaridzi

Saya adalah orang yang dirugikan oleh pihak putra luragung, pada awal bulan maret 2010 jam 22.00 malam tiba2 kendaraan saya diserempet putra luragung di oleced tapi yang nyerempet ga mau bertanggung jawab, dan ahirnya saya adukan kepada pengurus dan ada kesepakatan untuk diperbaiki (di Cat) karena waktu di cat cuaca tidak memungkinkan ahirnya mobil yang sudah di cat tersebut kena hujan dan cat gagal kemudian diulang lagi, tapi kenapa saya harus beli cat lagi dan ahirnya di cat ulang ? saya sudah dirugikan waktu, biaya bulak balik kuningan cidahu, tenaga pikiran dan yang lebih besar lagi adalah kendaraan saya adalah kendaraan operasional satu satunya,kalau diperhitungkan saya rugi besar, apakah pihak putra luragung mau ganti rugi selama 5 hari mobil saya tidak bisa operasi / jalan dan mobil saya adalah mobil baru dari dealer ( Inova th 2009) AHIRNYA CACAT, walaupun sudah diperbaiki tetap tidak original ?????????????????????????????

17 05 2012
dulkohar

wis resikone di jalan yen ora nabrak ya ketabrak

25 04 2010
gunhelmi

sukses untuk anda,
Luragung memang sakti,
terbukti dengan tetap eksisnya po keluarga lur agung seperti lur agung termuda , luragung jaya dan putra luragung.
salam
balog

20 06 2012
rangga

mobil luragung memang oke.
Tapi soal keamanan dlm bis nya gx di prhatikan.. Tmn saya di todong pake piso malah knek na enak2 ngaroko na panto mobil.. Hilang lah uang yg d kumplkan staun penuh buat keluarga d rumah..
Klo bsa pengamen jangan suruh masuk
trutama di jalur pas kluar tol cikampek cikopo ama indramayu.. Modus nya ngamen tp knyataan m’maksa penumpang buat ngasih duit.. Sya jd kcewa dgn k’amanan nya

4 05 2010
sugeng pratama

nya kahatur ka gaduh po.luragung jaya,abdi ti heubel hobi na ukur naik mobil luragung jaya wungku

31 05 2010
aldi

saya adalah pelanggan setia Luragung jaya, saya sangat senang, knp?? krn ini adalah satu2nya bis yang paling cepat Jkt-cirebon_kuningan dibanding bis setia Negara dan Sahabat. harga pun relatif murah dan konsisten sampai tujuan. semoga Luragung tetap jaya…

1 06 2010
valiano

luragungg jayaa iss the bestt supiirr na lari nya kya setannnn,,,, semuaa.. wkwkwkwkwkwk

7 06 2010
abelcool

wah gw salut bngt ma biz yg 1 ini

30 01 2011
iwan.k

yang naik setan juga kali….wkwk

16 02 2011
boby

beres beneeeeeeeeeerrrrrrrrr…….

30 05 2012
sigit

law mnurut saya lbih cpat dri bayanganya

9 07 2010
irfan

saya tidak suka sejak saya mau ke jakata mobil nya macet kasianorang orang jadi korban

9 07 2010
takol

luraggung jaya laMBAT PISAN

28 08 2010
cesper

jare sira kang luragung jaya lambat pisan sapa bis jagoan nyaneh hayo di adu jeung jagoan urang luragung kombayana

25 06 2011
Rizal Dudin

sok, urang si kumbang

15 05 2012
warno

urang lembayung terahir,,,,,

21 07 2013
Su Warno Gokillhaha

lembayung & tunamor
mantap,,,,,,

16 02 2011
boby

kalo kura2 baru KENCENNNGGGG

15 08 2011
kunti

lu yang lambat monyettt…

6 04 2012
DASMAN

kabehan gelut jang aing saha nu teu nyaho aing….aing yeuh supir Luragung SAHARA SEROJA…..nu paling tereh…..saha nu wanieun nyarios luragung paling lila hayuh gelut jang aing…

30 05 2012
sigit

lagi ngimpi kalih

11 07 2010
krisna

tarif di jati bening / tol pondok gde timur jd lbh mahal krna ulah calo,penumpang yang dirugikan.kernet beralih maklum harga tiket mahal karna ada calo yg mta jatah,harap dibenahi

22 07 2010
gunawan

untuk luragung sukses selalu dan nyetir mobil yang baik cepat tapi hati-hati

28 08 2010
cesper

waduh saya sangat seneng kalo pulang ke cirebon naik luragung kombayana beda dari yang dulu apa lagi kalo uda di jalan tol uda deh kombayana mulai beraksi layak nya satria pringgandani salip sana salip sini tak peduli kawan atau lawan maka nya mobil ini di juluki si raja pantura maju terus luragung ok*************

16 02 2011
boby

masa???????

10 01 2012
aldi jaya mahe

klo u dah naek bru u bsa ksih koment…..

Blegug sia….

4 09 2010
agus

luragung keren euy..ngan kenek jeung kondekturna ulah sok ngamahal2 keun harga nya ka urang kuningan ..:D

16 09 2010
joen

hanya sedikit saran buat pengurus bus luragung jaya….sy mohon bus BISNIS jurusan Tangerang -Kuningan…kondisi Body ta layak …sy harap ke depan bisa di rekondisi bodynya …mungkin klo lebih baik lg di ganti mobilnya…biar ta sumpek di dlm mobil…..menurut sy ta sesuai dng nama besar PO LURAGUNG JAYA…jok keras +acak acakan kurang bersih.sy pengguna Bus Luragung jaya sm keluarga dari dulu Sampe sekarang…mohon di perhatikan agar pengguna mobil Bus Luragung jaya nyaman dan aman trimakasih.

30 05 2012
sigit

tapi tetap asyik,,,kita bsa balapan

28 09 2010
darudak cigedang

sukses bwt lembayung . . .hheeee

15 12 2010
zehho

harusnya PO luranggung menganti manajemenya seperti di bandung cipaganti yg penuh dengan propesional. apalagi orang kuningan dah keren2 seperti orang bandung.

19 12 2010
Radden Deni Panjaitan

Luragung Is the bestt Kalo nganterin penumpoang hati hati ya … Tak boleh terburu buru KAMU adalah bis yang Bagus yang aku Tumpangi setiap aku ingin ke kempung halamanku
yaitu kuningan….

26 12 2010
yogi pebriana

luragung jaya METEOR bogor anjing kaya jurig lumpatna……aing salut ka supir na

16 02 2011
boby

oh ya????????

4 01 2011
keno

po luragung ikutin dong kaya mobil jurusan bandung-jakarta,keren-keren

16 02 2011
boby

emang kmu keren!!!!!!!!!

5 02 2011
warjo

smua bis luragung jaya king of pantura..tapi coba naik luragung jaya PUSAKA JAYA…yg dri galur/kemayorn yg jm 8 mlm…cobain naik…adrenalin anda psti oveeeer…

16 02 2011
boby

wiiiiddddiiiiiihhhh,,,,,,,,,,

6 04 2011
trisna juragn jengkol

sya rasa mahkota by luragung paling siipppp…..
Jkarta-kuningan cman 4,5 jm….saalllllluuuttt wt supir yea……ti” DJ

25 04 2011
NoersCtn

Eh…eh…eh Luragung Jaya gitu loh
tapi aku pernah kecewa juga, di pantura kan lagi macet aku ijin sama kondektur mau buang air kecil dan aku pun turun. Eh baru saja buka sleting, bis nya kabur sialan tuh bis maen kabur saja mana dompet dan tas di bis. Untung ada mobil bak yang mau berhenti dan langsung tancap gas untuk mengejar Luragung Jaya sialan itu. Dan alhamdulillah akhirnya ke uber juga. Makasih mobil bak yang telah rela menolong aku.

30 05 2012
sigit

wah brti tuh mobil bak hebat yah bsa nguber luragung

3 05 2011
candra prawira

mohon kepada manajement luragung jaya bus depok nya kususnya pratama termuda bus di ganti yg masih baru dong dan perbanyak lgi patas dan sc nya thanks sukses luragung

31 05 2011
a maolana

po luragung masih buka lowongan supir ga ya.?saya berminat ,kalau ada hubungi saya di no 081218273348.terima kasih.

31 05 2011
a maolana

ada ga alamat surat untuk saya kirim lamaran?

19 06 2011
Penggemar BUS Luragung Jaya Putra Putri Luragung

Salam Semangat
Luragung Jaya
& SUKSES selalu

19 06 2011
20 06 2011
Penggemar BUS Luragung Jaya Putra Putri Luragung

Luragung Mantap josss terus
Bis Favorit di pantura..

30 05 2012
sigit ,aldi batara putra

sip

2 07 2011
putra

saya penggemar berat nya.. terus kepakan sayap luragung jaya.. tetap jaya seperti nama mu..
ttttoooottt
ttttoootttt
tooooooottttttt……

15 07 2011
Sing Duwe Roby

Saya mau ijin Copy Ke Facebook ya…Luragung Jaya Fans Club…terima kasih

17 07 2011
3 08 2011
3 08 2011
5 08 2011
Fans Luragung Jaya Putra Putri Luragung

Luragung jaya bis yg punya PANTURA Khususnya Jawa Barat
http://www.penggemarluragungmweebly.com

7 08 2011
bataxs

BUS WETAN/EXSEKUTIF JANGAN MACAM” SAMA LURAGUNG KALAU MAU SELAMAT SAMPAI TUJUAN….!!!

7 08 2011
Fans Luragung Jaya Putra Putri Luragung

Betulll itu
Pokonamah Luragung No hiji di pantura jawa barat

http://penggemarluragung.weebly.com

24 08 2011
tamikagi

saya masih suka naik bis Setia negara BILKIS, Luragung Juga kalah hebat

10 01 2012
aldi jaya mahe

adu jja yuk ma si aldi jaya mahe….

mang yu ga tau yea siapa bis raja pantura…

30 05 2012
sigit ,aldi batara putra

luragung jaya,,,

25 08 2011
Si Raja Pantura

Setia negara Sewanya sepi..
Malah Ganti trayek jawa tengah..
Urang Cirebon Kuningan
ges percaya Ka bis Favoritna
nya eta LURAGUNG..
anu ngejoooosss terus
julukanage si raja pantura..
siiip pokonamah..
moal aya nu ngelehkeun

http://www.facebook.com/sirajapantura
http://www.facebook.com/luragungrajapantura

5 09 2011
Charlie Sabar Menanti

saya mu ngasih saran neh bwat po luragung jaya klu naikin tarip jngan seenaknya ya saya udah puluhan tahun bulak balik naik bus luragung jaya namun kenyamanan dan keamannan ga pernah di perhatikan jngn moment lbran di jdikan ksempatan untuk kuntungan pribadi……………………………….

28 10 2011
eka wahyu

hayang balik,,,,mmmm….

18 11 2011
ricky ardiyan

wwah saya paling paling senang klo plang ke sindang laut naik luragung,,,tuh mobil pling topppzz abis,,
pa lg dah di jln tol meluncuuurrr terus…?

buat luragung sukses slalu…

18 11 2011
Luragung Putra Sindang

ricky ardiyan< LURAGUNG Sudah Menjadi KEBanggaan
ricky ardiyan Sindang Launya Di mana ya ,,,,,,,
http://www.luragungfansclub.blogspot.com

http://penggemarluragung.weebly.com

10 01 2012
aldi jaya mahe

poko’y aldi jaya mahe lah yg pling top taen

1 06 2012
abeng

aldi batara

10 01 2012
aldi jaya mahe

klo dah ngebhas mslah luragung jdi pngen plang kampung nie….

sukses slalu wat po luragung jaya serta aldi jaya mahe….
mobil idaman w bgt tuh…

16 03 2012
iwan

,gw salut sma b!s luragung jaya pokonya top ab!s dh bwt b!s luragung jaya

20 03 2012
deri B11

Luragung Jaya Victoria “AMAZONE” Rajanya Pantura si Awing Teaaa….Bilkis mah lewaatttt>>>>

20 03 2012
awan

KIORBIAS….

17 06 2012
ThuChi Thernawhatty ChapricornuZz

asyiikkkkkkkkkk Naik Luaragung Jaya………

11 07 2012
ahya

kuningan – bogor atuh ayakeun u aya AC an?? meh rada tiis jeung pengamen serta pedagang asongan teu meunang asup ka jero bis.. matk risi

5 08 2012
Dhani

Aduin aja sama rosalia indah .. Pasti kalah tuh luragung . Bis udah gembel masih aja di pake .!

2 09 2012
tri3

hati2 naik luragung,byak penjahatnya. .
mending naik yg aman dan nyaman
SINAR JAYA

21 11 2012
Rifky

Saran Saya Buat Bis* Yg trayek Ke Kuningan/cirebon mohon Anter Penumpang Ke Tmpat Tujuan,
Buat Bis Po Luragung Jaya” GALAXY” Bogor-kuningan Sukses Terus ,..
. Galaxy Pilihan Saya.
“Ciroke”

5 12 2012
DheBLO

Bus nu paling mantep
MABES PATAS AC
penumpangna
awewe geulis kabeh

23 12 2012
gitaro

jadwal keberangkatan luragung cirebon – depok adanya jam brp ? dan depok – cirebonnya jam brp juga ? mohon dikomen. PENTING

22 03 2013
nanang

mnta info nya donk
klo PO LURAGUNG JAYA ada yg mangkal di karawang g y…
hatur nuhun kasadayana….

17 09 2013
gendut chamboey

al mubarox keren abis

28 01 2014
ahmat soetarto

ok brow

10 02 2014
thoyib LFC tg.priuk

saya penggemar bis luragung dari saya kecil menurut saya apa saja nama nya luragung nya mantap dah , mau bis apa aja juga ga ada ngerinya buat luaragung , segembel2 luragung masih bisa ngepot kya F1 , dibanding bis lain yg ad di indonesia .
sukse buat luragung .

10 04 2014
uwa prabu

bangku sempit, jok keras, tarif acak2an, di jadiin raja. . . . . .ngimpiiii

24 07 2014
ulina

boleh minta jadwal pemberangkatan luragung ke kuningan dari terminal kalideres ga?

10 08 2014
Ary westchelend

gua bangga dngan bus PUTRI LURAGUNG .;SAHARA RIVOLI makin kencang saja apa lagi music nya full ampe buluss .,.
Keamanan ny trjamin pokok nya bus favoritku
PUTRI LURAGUNG;.SAHARA RIVOLI .,.
.LJ,.
,.,
makin sukses trus buat Rivoli

ri sindang 06.30

17 08 2014
tionk fals

gue pling suka sama sahara abdi . yg dri galur ngejoss coz. luragung king of pantura.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: